:: Tips Murah Berinternet ::

a. Sistem Pembayaran Berdasarkan Waktu ( Time Based )

Dengan sistem ini, tarif internet umumnya dihitung berdasarkan permenit pemakaian /koneksi . Umumnya koneksi dial-up atau internet via handphone menggunakan tarif berdasrkan waktu ini . Pengguna internet time based harus benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik. Karena dalam hal ini waktu adalah uang . Bagi yang sering browsing, cara efektif mengoptimalkan time based adalah dengan mensave halaman-halaman web yang anda buka ke dalam harddisk/flashdisk, lalu halaman tersebut dibaca ketika sedang offline.

b. Sistem Pembayaran per Volume (Volume Based)

Volume based menghitung biaya berdasarkan jumlah data yang di akses. Besaran data dihitung per kilobyte (harga 1 kilobyte Flexi Prabayar=3 rupiah(2008)). Dengan sistem ini anda bisa dengan tenang menggunakan internet tanpa di buru waktu. Meskipun demikian, jika anda banyak mendownload, atau mengakses situs-situs  yang memiliki halaman dengan jumlah data yang besar (biasanya situs yang menampilkan banyak gambar dan tampilan video), maka kilobyte anda akan cepat terkuras. Volume based bagus digunakan untuk anda yang tidak banyak browsing , serta lebih hemat digunakan untuk chatting seperti untuk Yahoo Messenger atau MIRC karena tidak banyak menguras kilobyte.

c. Sistem Flat

Dengan sistem ini anda dapat menggunakan internet secara bebas , tanpa dipusingkan oleh waktu dan volume . Karena berapa lamapun anda atau besarnya data yang anda akases tarifnya tetap , misalnya perbulan Rp 200.000,- Sekarang sistem ini sangat popular , terutama bagi anda yang banyak menggunakan internet untuk bisnis atau melakukan kegiatan lain . Tapi perlu juga diperhatikan sistem ini biasanya diterapkan oleh ISP dengan sebuah perbandingan koneksi yang berbeda-beda . Misalnya koneksi ISP adalah 256 kbps dengan rasio 1 : 10 , maka anda harus berbagi dan berebut koneksi tersebut dengan 10 orang .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: