:: Polusi vs Tubuh Kita ::

Menurut WHO , tiap 20 detik satu orang di dunia meninggal “hanya” karena indoor pollution alias yaitu polusi yang sebagian besar terjadi di dalam rumah . Sedangkan dari penelitian Cornell University menyimpulkan bahwa polusi udara , tanah serta air menjadi pemicu sekitar 40 persen kematian di dunia . Artinya , polusi ga cuma merusak bumi, tetapii berbahaya buat tubuh kita .

* Asap dan debu hasil polusi yang mengandung Hidrokarbon serta zat polutan di dalam tanah (akibat sampah dan pestisida) dapat menyebabkan iritasi dan sakit pada mata, gangguan pada area hidung dan tenggorokan , membuat badan cepat letih serta mengalami pusing kepala .

* Karbonmonoksida (CO) dan Timbal (Pb) yang disumbangkan gas buang kendaraan bermotor dapat mengurangi jumlah oksigen dalam darah serta meracuni pembentukan sel darah merah . Akibatnya, kecerdasan kita serta kemampuan reflek kita terancam menurun . Bahkan , dalam jumlah yang besar, CO dan Pb dapat mengakibatkan kematian .

* Kanker lambung , gangguan fungsi reproduksi serta kanker rahim dapat di picu oleh Timbal yang dihasilkan darii pembakaran sampah , bahan bakar minyak dan lain sebagainya. timbal juga dapat melemahkan pertahanan tubuh kita sehingga mudah terserang penyakit. Bahaya kan ?

* Proses pembakaran energi yang tidak sempurna dari kendaraan serta alat elektronik di rumah kita menghasilkan emisi yang sangat berbahaya seperti PM10, Oksida Belerang, Oksida Nitrogen, dan Karbon dioksida . Zat tersebut dapat merusak sistem pernafasan kita sehingga  mengakibatkan sesak nafas, infeksi saluran pernafasan, bronkhitis dan meningkatnya resiko asma , serta melemahnya fungsi paru.paru . Emisi gas buang juga dapat masuk kedalam darah dan merusak fungsi hati dan ginjal , juga resiko hipertensi dan penyakit jantung akan meningkat .

Yang bisa kita lakukan , diantaranya :

* Kurangi pemakaian kendaraan pribadi. Dengan memilih naik kendaraan umum atau saling menebeng kita bisa ikutan mengurangi polusi kendaraan bermotor .

* Ingatkan ortu untuk memeriksa emisi kendaraan agar kadar gas buang berbahaya yang dihasilkan kendaraan bermotor  dapat diminimalisir hingga 50 %.

* Meminimalkan pemakaian AC dan peralatan elektronik supaya CFCs dan gas buang yang terlepas di udara berkurang.

* Mengurangi polusi tanah dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sampah, terutama yang sulit terurai dan dapat mencemarkan seperti aluminium, plastik dan styrofoam.

* Terapkan pola makan “hijau” alias makanan sehat dan alami seperti sayuran dan buah.buahan untuk melindungi tubuh kita darii dalam .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: